masukan email anda:

artikel baru langsung masuk ke email anda, GRATIS!

5 Keuntungan Menjadi Guest Blogger di Blog Master

Labels: , ,

Penulis: Gus Ikhwan | mxwan.web.id
ADD this
Bookmark and Share
Sejak dulu saya ingin sekali menjadi guest blogger di blog ini. Tetapi setiap kali hendak memulai menulis, saya selalu ragu-ragu. Ketidakpercayaan diri selalu muncul. Akankan tulisan saya nantinya diterima? Apakah kualitas tulisan saya akan memenuhi syarat?

Bagaimana jika ditolak mentah-mentah?
Share
Ketakutan saya tersebut memang tidak berdasar. Dan setelah saya terus menulis di blog saya sendiri dan mendapatkan respon yang cukup positif, saya mulai memberanikan diri. Terlebih lagi, saya banyak membaca dari blogger-blogger yang lebih senior. Belajar adalah intinya. Dan dari sana saya mengetahui bahwa banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita menjadi guest blogger.

Apa saja yang bisa kita dapatkan dengan menulis guest post di blog lain?JAWABANYA ADALAH:


1. Backlink Berkualitas
Backlink yang Anda dapatkan adalah link berkualitas, karena berasal dari body post, berada di dalam tulisan. Dan link berupa one way link, link satu arah menuju blog Anda, bukan seperti pertukaran link via blogroll. Seperti kita ketahui bersama, link dari blog yang memiliki Page Rank lebih tinggi menuju blog kita, berarti dia ‘membagikan’ Page Rank-nya kepada kita. Anda mungkin sering mendapatkan penolakan dari blogger lain ketika mengajak bertukar link karena blog yang lebih muda biasanya masih belum memiliki Page Rank. Pertimbangkanlah untuk menjadi guest blogger, karena sesungguhnya Anda tidak rugi hanya karena ‘menyerahkan’ tulisan Anda kepada orang lain. Dan blogger yang ‘sudah mapan’ biasanya tidak keberatan untuk berbagi link jika mereka mendapatkan keuntungan pula.

2. Persahabatan
Selain backlink, Anda akan mendapatkan ‘paket’ persahabatan karena telah melakukan kegiatan yang bisa dikategorikan sebagai simbiosis mutualisme. Anda menulis konten untuk blogger lain, tentu dia juga mendapatkan keuntungan karena menghemat waktu bloggingnya. Tanpa perlu repot menulis, blogger tersebut mendapatkan tulisan berkualitas dan fresh. Selama Anda menawarkan tulisan terbaik Anda, saya jamin jalinan persahabatan yang terbentuk akan lebih lama lagi. Siapkan diri Anda untuk membantunya menulis beberapa guest post lagi jika blogger tersebut puas dengan tulisan Anda. Hal tersebut berarti Anda akan ‘memperoleh’ backlink lagi, bukan?

3. Meningkatkan Trafik
Jika biasanya blog Anda hanya mendapatkan sedikit trafik, dengan menulis guest post di blog yang telah memiliki pembaca yang loyal, ‘penggemar tetap’, ratusan atau ribuan subscribers, tidak menutup kemungkinan pembaca blog tersebut akan mengunjungi blog Anda pula. Dengan syarat, tentunya tulisan Anda harus mampu ‘menarik’ hati pembaca blog tersebut. Jangan hanya menulis seadanya, karena tulisan yang mengagumkan berarti besar kemungkinan pembaca ingin mengetahui lebih jauh tentang Anda dan blog Anda.

4. Mengenalkan Blog Anda
Selama ini mungkin Anda berpikir: “Saya telah menulis dengan baik, tetapi masih juga belum banyak yang membaca”. Itu karena Anda belum cukup baik mengenalkan dan mempromosikan blog Anda kepada orang lain. Dengan menjadi guest blogger, Anda mendapatkan salah satu sarana terbaik untuk mengenalkan blog Anda kepada pembaca yang lebih luas. Pada awalnya memang tidak akan banyak yang mengikuti link dari host blog tempat Anda menjadi guest blogger, tetapi setidaknya Anda telah mengenalkan nama Anda dan blog Anda pada para pembaca. Jika Anda rajin sebagai guest blogger, lambat laun blogger lain akan mengenal blog Anda dengan sendirinya. Memang memerlukan waktu dan keseriusan.

5. Promosi Terbaik
Masih berpikir untuk bertukar blogroll, memasang iklan baris, atau membeli spot banner di blog lain? Bagi beberapa blogger, iklan seperti itu dengan mudah ‘diabaikan’. Dilihat sebelah matapun tidak. Memasang iklan baris atau banner mungkin dapat mendatangkan trafik yang besar ke blog Anda, tetapi sebagian besar hanya ‘kesasar’ dan dengan segera meninggalkan blog Anda tanpa kembali lagi. Berbeda dengan guest post, yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh blogger yang membaca blog tersebut, tentu mereka akan sangat memperhatikan apa yang Anda tulis. Siapkan blog Anda dengan konten-konten yang sama baik kualitasnya dengan tulisan guest post Anda, maka dengan mudah Anda akan mendapatkan link-link selanjutnya menuju blog Anda.

Masih belum percaya keuntungan menjadi guest blogger? Atau malah memiliki pengalaman lain tentang guest blogging?

Bagi pengalamannya di kolom komentar ya. :)
Postingan Terkait Lainnya :


Related post | Widget by Tipsyournet.blogspot.com
.Ingin artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan atau Mau dapet tips2 lain yang lebih seru & orang lain belum tahu.

Masukan alamat email anda:

GRATIS!

1 comments:
gravatar
Gallery Ekspresi said...
1/18/2011  

Keren tips nya sayang saya masih newbie, seandainya artikel ini dilengkapi dengan Url blog para master maka akan lebih baik.

Post a Comment

Powered By Blogger